Jumat, 28 Desember 2012

Bubur pedas Khas Sambas Kalbar


dokumentasi mahasiswa sambas

Saat saya  perjalanan ke kalimantan barat  lewat Surabaya, sampai disana memerlukan waktu dua hari malam diatas kapal. Namun perjalanan ini sangat menyenangkan ketika sampai di Pontianak. Perjalanan menuju sambas membutuhkan waktu 6 jam. 

Di saat leleh dan terasa lapar kami mulai mencari sebuah kantin, yaitu kantin perahu, mungkin aneh mendengar kantin perahu, tapi disana bermacam-macam makanan seperti bubur pedas, bakso tennis dan lain2.
Khas bubur pedas menjadi makanan terfavorit di sambas, saat mendengar makanan ini rasanya sangat pedas membakar mulut. Namun sebenarnya makanan  ini  bukan terbuat dari cabek  atau Lombok ya. tapi terbuat dari berbagai sayuran (kangkung, kacang panjang,kecambah,miding yang paling utama,daun kunyit, daun kassum, beras, ubi, kacang , termasuk teri. Bahnnya mengandung vitamin untuk kesehatan.hem..nyam..nyam…

Ayuni mahasiswa asal sambas menyebutkan sudah lama tidak pernah makan bubur ini. Saya kangen dengan nuansa makanan sambas. Karena di malang belum ada bubur yang dibuat seperti ditempat asalku. Kalau kepingin yaa membuat sendiri.


bicara maslah kuliner tiada habisnya untuk mencoba semua. Nah, Jika anda jalan-jalan kesana jangan lupa untuk membeli bubur pedas khas kalbar. Dijamin bakalan ketagihan.
Nurhadi
402

Tidak ada komentar:

Posting Komentar